Desain Rumah Mewah Tetap Minimalis

rumah mewah minimalis

Rumah-miniemalis.com–¬†Rumah mewah kekinian memiliki karakteristik garis batas yang lurus, proporsi yang seimbang, tata ruang terbuka, serta pencahayaan alami yang melimpah. Rumah modern kekinian juga terinspirasi dari gaya arsitektur International Style yang dikembangkan pada tahun 1920-an. Ciri khas dari rumah kekinian yaitu atap yang rendah cenderung datar, jendela kaca yang besar-besar, terhubung dengan halaman luar, juga dinding yang sederhana dan polos nyaris tanpa hiasan sehingga memberi kesan luas, rapi, dan minimalis. Zaman sekarang, banyak rumah kekinian menggunakan gaya seperti ini.

Saat memutuskan untuk membangun rumah, sebaiknya pertimbangkan hal-hal berikut:

Lokasi 

Lokasi merupakan hal utama yang perlu dipertimbangkan saat akan membeli atau membangun sebuah rumah. Apakah dekat dengan tempat kerja? Apakah lokasinya strategis? Apakah dekat ke pasar? Sebaiknya pilih lokasi yang tidak begitu jauh dari tempat Anda beraktivitas sehari-hari. Anda tentu tidak ingin berlama-lama menghabiskan waktu di perjalanan.

Tukang yang profesional

Tukang bangunan berperan penting dalam membangun sebuah rumah, apalagi untuk rumah yang mewah. Pilihlah yang sudah berpengalaman dan profesional. Pastikan Anda mengetahui kemampuannya, bisa melalui testimoni dari orang lain yang pernah menggunakan jasanya, atau mewawancarainya secara langsung. Selain profesional, tukang bangunan juga haruslah orang yang jujur dan dapat dipercaya. Setelah mendapatkan tukang bangunan yang sreg dengan hati Anda, pilihlah seorang arsitek yang profesional juga, yang dapat membaca apa yang Anda inginkan. Memilih tukang dan arsitek secara asal-asalan hanya akan membuat Anda kecewa dan menghabiskan biaya saja karena hasilnya tidak sesuai yang Anda mau. Bahkan lebih buruk lagi, rumah Anda malah akan terlihat jelek.

Baca juga : Desain Rumah Khusus Pasangan Mudah

Hitung setiap detil

Dari mulai keran air di kamar mandi hingga jenis lantai, hitunglah semua secara rinci. Ini perlu dilakukan agar nantinya Anda tidak kaget dengan adanya biaya di luar dugaan. Mempertahankan anggaran bisa menjadi hal yang sulit dilakukan saat hendak membangun sebuah rumah mewah, belum lagi properti lainnya seperti peralatan elektronik, sofa, tempat tidur, hingga keran air; kecuali Anda mau membangun rumah secara bertahap, tidak langsung selesai dan tidak langsung diisi furnitur.

Keamanan dan privasi

Rumah merupakan tempat bagi kita untuk berlindung. Jadi, penting sekali memerhatikan faktor keamanan. Biasanya, rumah mewah berada di suatu komplek perumahan dengan pintu gerbang yang dijaga oleh staf keamanan yang siaga 24 jam. Namun, jika rumah mewah Anda tidak berada di tempat seperti ini, Anda bisa menyiasatinya dengan membuat pintu gerbang rumah sendiri dengan teknologi sistem pendeteksi gerakan untuk membukanya. Jika anggaran Anda cukup memadai, tidak ada salahnya mempekerjakan seorang atau dua orang satpam pribadi untuk menjaga rumah Anda. Tentu kita ingin merasa aman saat berada di dalam rumah, bukan? Selain keamanan, di dalam rumah juga sudah seharusnya kita mendapatkan privasi yang kita butuhkan. Pastikan Anda memiliki suatu ruang di dalam rumah sebagai tempat untuk menjaga hal-hal yang sifatnya pribadi.

Rencana untuk dijual kembali

Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi. Pikirkanlah hal ini. Mungkin di masa depan ada sesuatu yang terjadi sehingga Anda harus meninggalkan rumah mewah Anda dan pindah ke tempat baru. Meski sama sekali tidak memiliki rencana untuk pindah, penting juga untuk mempertimbangkan hal ini. Bangunlah sebuah rumah yang memiliki nilai jual. Membangun rumah dengan desain yang Anda sukai memang menyenangkan, tetapi buatlah desain yang umum yang sekiranya orang biasa pun akan menyukainya. Membangun rumah dengan desain yang terlalu spesifik menggambarkan karakter dan gaya hidup Anda akan mengakibatkan rumah tersebut sulit terjual, kecuali kepada orang yang memiliki kesukaan dan gaya hidup persis seperti Anda. Terakhir, apakah akan membeli atau membangun rumah sendiri, keputusan ada di tangan Anda. Kelebihan membangun rumah sendiri yaitu Anda dapat menciptakan desain sendiri dengan penataan yang sesuai dengan gaya hidup Anda. Namun, kelemahannya yaitu seringnya muncul biaya tak terduga karena salah perhitungan atau hal lainnya. Membeli rumah yang sudah jadi memang praktis, tetapi tidak bisa mendesain sesuka hati. Pilihlah mana yang paling memudahkan bagi Anda.

Related posts