Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya

Macam-Macam Gaya Renang dan Manfaatnya – Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang sudah banyak di lakukan orang untuk membuat tubuh semakin sehat dan bugar. Berenang juga tidak hanya memiliki satu gaya saja. Jika kalian termasuk orang yang belum dapat berenang atau merasa masih pemula, sudah waktunya mencoba mempelajari cara berenang dan mempraktikkannya. Ada macam-macam gaya renang yang penting untuk diketahui. Macam-macam gaya renang beserta tekniknya wajib diketahui agar kalian tak mengalami cedera. Berikut ini macam-macam gaya renang dan manfaatnya!

1. Gaya dada
Renang gaya dada atau breaststroke adalah teknik renang yang paling mudah untuk dipelajari.Teknik yang biasa disebut dengan renang gaya katak berikut memungkinkan kepala perenang tetap berada di atas permukaan air.

Gaya renang berikut biasa disebut renang almasmports gaya katak memungkinkan yang baru belajar berenang santai tanpa harus takut tenggelam. Karena, gaya renang lain yang mewajibkan kepala kalian untuk keluar dan masuk di dalam air dengan bergantian untuk mengambil napas.

Manfaat renang gaya dada:

● Membakar kalori tubuh

Jika berenang gaya dada selama 1 jam dapat membakar kalori sampai 350 kalori (tergantung berat badan).

● Mengurangi stres

Gaya berikut menjadi pilihan tepat untuk menenangkan pikiran dan penat akibat stres. Gerakannya yang lambat dan santai, efektif membantu pernapasan lebih tenang. Sehingga badan terasa rileks selama berada di dalam air.

● Membantu kebugaran jantung dan paru-paru

Berenang secara umum membantu menguatkan otot jantung. Renang melancarkan aliran darah dan oksigen ke jantung dan paru-paru sehingga membantu meningkatkan kinerja jantung saat memompa darah. Di paru-paru, aliran darah dan oksigen bisa membantu stabilnya pernapasan. Jika rutin berenang, jantung, paru-paru, dan tubuh semakin bugar disertai ketahanan fisik yang makin optimal.

● Menjaga kadar gula darah

Walaupun terkesan santai, berenang dengan gaya dada juga membantu menjadikan kadar gula darah normal. Hal berikut terjadi disebabkan lancarnya sirkulasi darah akibat berenang dan juga meningkatkan metabolisme tubuh. Hasilnya cadangan lemak maupun karbohidrat di tubuh dapat diubah menjadi energi.

● Menguatkan tulang dan otot.

Jika kalian rutin berenang dengan gaya ini, bagian tulang serta otot akan semakin kuat. Terutama di bagian otot dada dan kedua kaki.

2. Gaya punggung
Renang gaya punggung biasa disebut backstroke adalah jenis gaya renang dalam posisi menghadap permukaan air dengan punggung sebagai tumpuannya.

Teknik renang berikut cocok untuk semua perenang, mulai dari pemula sampai ahli. Sebab, renang gaya punggung mempunyai gerakan yang santai, kecepatan rendah, dan juga pernapasan yang lebih mudah. Kepala dan pinggul adalah bagian tubuh yang paling harus diperhatikan dalam teknik tersebut.

Manfaat renang gaya punggung:

● Menurunkan berat badan

Berenang dengan memakai gaya punggung selama 1 jam bisa menghabiskan kurang lebih 300 kalori sehingga dapat menurunkan berat badan.

● Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Berenang gaya punggung membantu mengatasi masalah sendi. Tubuh pun lebih fleksibel dan tak mudah lelah. Terutama bagi kalian yang sering duduk terlalu lama, atau sering mengalami nyeri di sekitar punggung atau panggul.

● Mengencangkan otot dan tubuh

Gaya punggung lebih efektif membuat bagian tubuh kencang dan kuat. yaitu di bagian otot inti punggung, perut, bahu, lengan, panggul, dan kaki.

3. Gaya Bebas
Renang gaya bebas, yang biasa disebut freestyle stroke atau front crawl, adalah teknik dasar dalam berenang dengan posisi badan telungkup, menggerakkan kaki bergantian, dan gerakan lengan seperti kincir angin.

Renang gaya bebas membiasakan kalian untuk berenang jarak jauh tanpa merasa kelelahan. Hal berikut yang membuat gaya renang berikut biasanya dianjurkan sebagai teknik yang paling pertama yang sebaiknya dikuasai oleh pemula.

Manfaat renang gaya bebas:

● Membakar kalori

Ingin berat badan stabil? Lakukan olahraga berikut secara rutin. Dengan seringnya berenang gaya bebas dapat menghabiskan kurang lebih 500 kalori dalam 1 jam.

● Melatih napas lebih panjang

Saat berenang, proses pengambilan napas wajib dilakukan menggunakan waktu yang tepat supaya air tak tertelan. Dalam prosesnya, semakin lama berlatih kalian pun semakin kuat menahan napas.

● Meninggikan badan

Gerakan kaki tangan yang terus berulang, melibatkan semua otot tubuh bergerak dan tertarik. Hal berikut dapat membantu tubuhmu lebih tinggi.

● Melatih kekuatan otot.

Gaya bebas menolong otot tubuh jadi terlatih dapat memudahkan kegiatan sehari-hari dan tak cepat lelah. Sangat pas untuk kalian yang melakukan pekerjaan atau rutinitas harian super padat.

Related posts